Peluang Bisnis Usaha Laundry Kiloan dengan Modal 7 jutaan

Pakaian merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Namun terkadang padatnya jam kerja atau kesibukan lainnya membuat beberapa orang tidak memiliki waktu untuk mencuci gosok pakaian. Salah satu usaha rumahan ini sudah cukup menjamur di daerah perkotaan karena tingginya minat konsumen termasuk saya yang berprofesi sebagai mahasiswa. Dengan kondisi tersebut, sudah dapat dipastikan usaha laundry dapat berkembang dengan baik asal Anda bisa melakukan strategi dan manajemen yang baik.

usaha laundry

Usaha laundry biasanya dihitung berdasarkan berat total pakaian yang hendak di bersihkan dengan menggunakan satuan kilogram, maka dari itu sering disebut dengan laundry kiloan. Jasa yang diberikan biasanya ada 2 jenis yaitu cuci + setrika dan cuci saja tentu dengan variasi harga yang berbeda.


Modal untuk Usaha Laundry

Persiapan modal awal yang perlu Anda siapkan untuk memulai usaha laundry bisa dibilang tidak terlalu besar. Terlebih lagi jika Anda membuat usaha ini di rumah tanpa perlu menyewa toko (jika memungkinkan). Namun jika memang harus menyewa toko, taksiran kasar hanya mencapai 7 jutaan saja. Berikut kira-kira detail biaya modal awal untuk membuka usaha laundry.

modal usaha laundry

Dari total semua biaya diatas yaitu sekitaran Rp. 7.325.000. Namun semua harga barang dan jasa di atas tentu berbeda tergantung dari lokasi dimana Anda tinggal. Jika Anda tidak memiliki modal yang cukup besar, sebaiknya penuhi kebutuhan dasar saja. Lalu dikembangkan secara bertahap dari keuntungan yang Anda raih setiap bulannya.

Persiapan Awal Usaha Laundry

Sebelum memulai usaha laundry, Anda terlebih dahulu melakukan riset pasar. Usaha ini sangat baik dijalankan pada daerah sekitaran kampus, kantor, kontrakan. Karena mereka biasanya tinggal sendiri dan tidak memiliki banyak waktu luang untuk mencuci dan menyetrika pakaian.

Selain itu target pasar, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum memulai usaha ini agar bisa berjalan dengan baik, yaitu:

1. Kualitas jasa
Inilah pondasi awal Anda dalam menjaring pelanggan. Karena bisnis ini tergolong bisnis langganan atau repeat order. Anda atau pegawai Anda harus memiliki kemampuan yang baik dalam mencuci dan menyetrika pakaian berdasarkan jenis kain. Beda jenis kainnya, tentu beda pula tingkat kesulitan untuk membersihkannya.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu memperhatikan harga yang Anda tawarkan. Coba lihat beberapa harga yang ditawarkan oleh kompetitor atau saingan di sekitaran daerah Anda. Jangan sampai harga Anda terlalu mahal meskipun kualitas Anda yang terbaik.

2. Memilih Deterjen
Anda harus bisa memilih deterjen yang sesuai dengan jenis noda yang ada pada pakaian konsumen Anda. Karena untuk beberapa kasus, deterjen bisa merusak warna pakaian jika pemakaiannya tidak sesuai takaran. Tentu hal ini akan mengecewakan pelanggan Anda.

3. Keuangan
Pastikan Anda memiliki uang kas yang cukup untuk beberapa bulan ke depan. Karena pada awal memulai usaha ini, Anda belum tentu bisa langsung meraih keuntungan. Maka dari itu, persiapan dana seperti membeli deterjen, pewangi, biaya listrik, gaji pegawai, dan sebagainya harus sudah Anda persiapkan.

Begitulah peluang usaha laundry yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Jangan lupa untuk selalu menghitung untung/rugi yang Anda dapat, baik per minggu maupun per bulan. Lalu, ambil langkah antisipasi yang tepat untuk mengatasi jika Anda mengalami kerugian, seperti mengurangi jumlah pegawai, menaikkan harga laundry, dan sebagainya.

Silahkan berlangganan dan dapatkan info bisnis usaha terbaru lainnya dari email yang bisa Anda daftarkan dari sisi kanan blog ini. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini ke sosial media Anda, siapa tahu ada yang lebih membutuhkan daripada Anda. Semoga bermanfaat, Terima Kasih.
Peluang Bisnis Usaha Laundry Kiloan dengan Modal 7 jutaan Peluang Bisnis Usaha Laundry Kiloan dengan Modal 7 jutaan Reviewed by TIY on 12:37 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.