Bisnis Usaha Tempat Penitipan Anak (Modal dan Untung)

Bisnis tempat penitipan anak sudah cukup banyak ditemui di daerah kota-kota besar. Hal ini membuktikan bahwa tingginya minat orang tua terhadap jasa ini. Banyaknya jam kerja dan rutinitas padat menjadikan tempat penitipan anak menjadi pilihan terbaik bagi mereka. Untuk itu, usaha rumahan ini cukup menjanjikan kedepannya.

Usaha Tempat Penitipan Anak

Untuk memulai bisnis penitipan anak ini sangat simpel dan juga tidak membutuhkan skill khusus. Terlebih lagi jika Anda memiliki rumah yang cukup luas yang bisa dijadikan ruang khusus tempat anak bermain tanpa harus menyewa gedung.

Analisa Peluang Usaha Penitipan Anak

Sebelum memulai bisnis ini, tentunya harus melakukan riset pasar terlebih dahulu pada tempat lokasi Anda tinggal dan sekitarannya. Jika lingkungan Anda dipenuhi keluarga yang masih baru dan mempunyai anak di bawah umur 6 tahun, berarti itu merupakan pertanda yang baik. Ditambah lagi jika kedua orang tua mereka memiliki kesibukan pada jam-jam kerja.

Namun jika keadaan tersebut tidak memenuhi, tentu Anda harus mengeluarkan kocek lagi untuk menyewa tempat yang berada pada posisi yang strategis dan mudah dijangkau.

Perhitungan Modal dan Untung Usaha Penitipan Anak


Pengeluaran
1.
Mainan dan Tempat Tidur Anak
Rp. 5.000.000,-
Biaya Operasional per Bulan
1.
Baby Sitter 2 orang @800.000
Rp. 1.600.00,-
2.
Biaya Listrik
Rp. 80.000,-
3.
Perlengkapa Administrasi
Rp. 100.000,-
TOTAL
Rp. 6.780.000,-
Pemasukan

1.
Estimasi 10 Anak @500.000/bulan
Rp. 5.000.000,-
PROFIT per Bulan = Pemasukkan - Biaya  Operasional
Rp. 3.220.000,-

Hitungan di atas tidak sepenuhnya akurat. Karena beda daerah beda pula harga barang dan jasa. Jadi silahkan disesuaikan dengan harga barang dan jasa di daerah Anda.

Berdasarkan hitungan kasar di atas, dalam 2 bulan Anda sudah balik modal. Perlu diperhatikan hitungan di atas tidak termasuk biaya menyewa toko jika Anda membuka usaha dengan menyewa toko.

Tips Sukses Usaha Tempat Penitipan Anak

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin memulai usaha ini dengan sukses. yaitu:

1. Manajemen
Bisnis yang sukses tentu diawali dengan manjemen yang baik pula. Sebagus apapun suatu bisnis, jika manajemennya amburadul alias acak-acakkan, maka bisa dipastikan bisnis tersebut tidak akan bertahan lama.

Aturlah bisnis Anda sesuai dengan rencana yang sudah Anda persiapkan. Pastikan pengeluaran tidak melebihi pemasukkan. Analisa keuntungan yang Anda peroleh tiap bulannya, jika mengalami kerugian, atur strategi baru agar bisa menjadi lebih sukses.

2. Lengkapi Izin Usaha
Anda tentu ingin bisnis ini bisa berjalan lancar tanpa hambatan. Untuk itu buatlah surat izin usaha agar usaha Anda menjadi dikenal dan dipercaya oleh para konsumen Anda.

3. Pastikan Keamanan Anak
Inilah hal terpenting dalam bisnis ini. Tentu setiap orang tua menginginkantempat terbaik bagi anaknya. Pastikan tempat penitipan anak Anda aman dari segala hal. Jika berada di pinggir jalan, pastikan untuk membuat pagar yang tidak bisa dilewati anak. Dan lebih baik lagi jika Anda memasang kamera CCTV, karena kita tidak tahu niat buruk orang.

4. Lakukan Promosi
Langkah terakhir yaitu melakukan promosi. Hal ini bisa Anda lakukan dengan membuat brosur yang dipasang pada mading-mading atau papan pengumuman di daerah Anda.  Anda juga bisa melakukan promosi melalui sosial media.


Nah, begitulah analisa singkat mengenai usaha tempat penitipan anak. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai usaha ini. Jangan lupa untuk berlangganan melalui email agar mendapat update artikel bisnis usaha terbaru yang kami kirim melalui pesan email.

Silahkan berbagi, Terima Kasih.

Bisnis Usaha Tempat Penitipan Anak (Modal dan Untung) Bisnis Usaha Tempat Penitipan Anak (Modal dan Untung) Reviewed by TIY on 12:41 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.