Modal Awal Usaha Bengkel Motor

Laju jumlah kendaraan sepeda motor di Indonesia terus meningkat tiap tahunnya. Rata-rata setiap rumah memiliki sepeda motor minimal satu unit. Setiap sepeda motor tentu memiliki membutuhkan perawatan. Hal ini tentu menjadi sinyal yang baik bagi Anda yang ingin memulai usaha bengkel sepeda motor.

usaha bengkel motor

Pada tulisan ini, saya akan berbagi informasi mengenai berapa kira-kira modal yang diperlukan untuk membuka usaha bengkel motor serta beberapa tips agar usaha bengkel Anda berjalan dengan baik.

Modal untuk Membuka Bengkel Motor

Baiklah, untuk memulai usaha tentu diperlukannya suatu modal. Modal pertama dan utama yang harus Anda miliki yaitu skill dan pengalaman dalam dunia reparasi atau perbaikan setiap kendala yang ada pada sepeda motor. Jika Anda tidak memilikinya, maka Anda harus mempekerjakan beberapa karyawan yang benar-benar mahir dan tentunya dipercaya. Karena jika tidak, Anda bisa saja ditipu.

Selanjutnya yaitu modal uang. Modal yang perlu Anda siapkan tergantung dari jenis bengkel yang ingin Anda buka. Jika Anda hanya menyediakan jasa reparasi tanpa menyediakan spare part atau suku cadang, tentu modal yang dikeluarkan akan lebih kecil.

Namun, jika Anda juga menyediakan bahan suku cadang, maka Anda perlu menggalai kocek lebih dalam untuk membuka usaha bengkel motor. Berikut sedikit detail mengenai dana yang perlu Anda keluarkan.

No.
Item
Harga
1.
Perlengkapan alat bengkel
Rp. 5.000.000
2.
Mur Baut
Rp. 600.000
3.
Ban
Rp. 1.500.000
4.
Oli
Rp. 2.000.000
5.
Suku cadang/spare part tambahan (opsional)
Rp. 15.000.000

Total
Rp. 24.100.000


Dari hasil analisa di atas, modal untuk membuka bengkel yaitu sekitar 24 juta. Perhitungan di atas belum termasuk biaya sewa toko (jika Anda menyewa toko). Bisa Anda lihat, modal terbesar yaitu pada pembelian spare part, jika dana awal Anda tidak memadai, sebaiknya untuk membeli beberapa spare part wajib saja.

Tips Sukses Usaha Bengkel

Dalam menjalani bisnis usaha, Anda harus memperkirakan untuk jangka waktu yang panjang. Ada 2 faktor utama kunci kesuksesan usaha bengkel Anda. Yang pertama yaitu faktor internal atau faktor dari bengkel Anda sendiri. Pada bagian ini ada 3 hal yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan pelanggan tetap yaitu biaya, mutu, dan waktu.

Anda tentu memerlukan beberapa uji coba di lapangan, bagaimana reaksi pelanggan dengan jasa Anda, waktu tunggu mereka, dan berapa biaya yang dikeluarkan. Jika malah menurunkan jumlah pelanggan, Anda harus mempersiapkan strategi khusus.

Selanjutnya yaitu faktor eksternal, dalam kasus ini tentu nya pasar atau dimana Anda menjalankan usaha bengkel ini. Kondisi yang bagus tentu berlokasi dimana ramai pengguna sepeda motor, tetapi tidak ada bengkel motor di sekitarnya.

Namun, kondisi ini cenderung susah untuk ditemukan. Maka dari itu, jika Anda baru memulai usaha ini, Anda perlu melakukan beberapa hal khusus untuk menarik perhatian pasar. Seperti memberi waktu garansi lebih panjang, memiliki suku cadang lebih lengkap dari bengkel lainnya, dan sebagainya.

Nah, begitulah sidikit pembahasan dari saya mengenai modal awal usaha bengkel motor. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari info seputar usaha bengkel. Silahkan berlangganan dengan email untuk mendapat update bisnis usaha terbaru yang akan saya kirimkan lewat email.

Silahkan berbagi, Terima Kasih.
Modal Awal Usaha Bengkel Motor Modal Awal Usaha Bengkel Motor Reviewed by TIY on 10:29 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.