Analisa Keuntungan Usaha Roti Bakar + Proposal

Saya tidak tahu kapan dan siapa yang memulai usaha roti bakar. Tapi semenjak kehadirannya pada dunia kuliner, usaha ini sudah cukup banyak menarik perhatian masyarakat karena metode penyajian yang unik dan berbeda dari biasanya. Sudah tidak heran lagi jika Anda sering melihat gerobak-gerobak penjual roti bakar.

Usaha Roti Bakar

Usaha kuliner ini memang tergolong kecil-kecilan. Tapi bukan berarti keuntungan yang Anda peroleh juga kecil. Makanan ringan ini merupakan cemilan favorit banyak orang termasuk saya. Dengan berbagai cita rasa seperti coklat, keju, strawberry, dan banyak lagi hasil inovasi olahan roti ini. Harganya juga terjangkau untuk ukuran mahasiswa rantauan seperti saya.

Usaha ini terus marak dan menjamur di berbagai wilayah. Kemudian saya penasaran, kira-kira berapa banyak yang mereka hasilkan setiap bulannya sehingga peluang usaha ini bisa menjadi salah satu pilihan yang cukup banyak diminati oleh kalangan wirausaha.

Setelah menggali informasi, maka akan saya sajikan beberapa informasi mengenai bagaimana peluang usaha roti bakar, berapa modal yang dikeluarkan, berapa pula keuntungan yang diperoleh. Untuk catatan, ini hanyalah estimasi atau perkiraan yang berarti hasil yang Anda peroleh belum tentu sesuai hitungan. Bisa jadi lebih, bisa juga kurang.

Modal Usaha Roti Bakar

Berikut merupakan perkiraan modal awal yang Anda perlukan untuk memulai usaha roti bakar. Data ini tidak sepenuhnya akurat, sesuaikan harga barang/jasa pada daerah Anda masing-masing. 

modal usaha roti bakar

Bisa Anda lihat dari tabel di atas, modal awal yang Anda perlukan yaitu hanya sekitar 3 jutaan. Menurut saya itu merupakan modal yang pas untuk Anda yang ingin menjalan usaha kuliner ini.

Keuntungan Usaha Roti Bakar

Baiklah, selanjutnya mari kita analisa berapa kira-kira untung yang diperoleh setiap bulannya. Harga roti bakar itu sendiri bervariasi dari yang paling murah sekitar 6 ribuan, dan yang paling mahal sekitar 12 ribuan (beda tempat beda harga). 

Selanjutnya saya ambil nilai tengah yaitu Rp. 9.000. Selanjutnya saya berasumsi rata-rata roti bakar yang terjual setiap harinya yaitu sekitar 20 porsi. Maka dalam 1 bulan terjual sekitar 600 porsi. Maka keuntungan yang diperoleh:

 Profit per bulan = Pemasukkan per bulan - Pengeluaran per bulan
                           = (600 x 9.000) - 1.790.000
                           = 3.610.000

Nah, bisa Anda lihat sendiri. Perkiraan pendapatan untuk usaha roti bakar per bulannya bisa mencapai lebih dari 3 juta. Itu merupakan usaha yang cukup menguntungkan. Bayangkan saja jika Anda bisa membuka cabang hingga 10 cabang. Silahkan dihitung sendiri keuntungannya.

Begitulah sedikit analisa keuntungan usaha roti bakar dari saya. Untuk Anda yang ingin memulai usaha ini dan sedang membutuhkan contoh proposal untuk permohonan dana, silahkan lihat disini.

Semoga tulisan ini bermanfaat, silahkan berlangganan untuk mendapat tips bisnis usaha terbaru yang akan saya kirimkan melalui email secara gratis.

Berbagi itu indah, Terima Kasih

Analisa Keuntungan Usaha Roti Bakar + Proposal Analisa Keuntungan Usaha Roti Bakar + Proposal Reviewed by TIY on 1:47 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.