Beberapa Peluang Usaha Ternak yang Menguntungkan

Halo juragan-juraganwati!

Pada kesempatan ini, saya akan membahas bisnis usaha ternak. Setelah melakukan sedikit riset, ternyata ada banyak orang yang tertarik dengan usaha ternak. Untuk itu, pada tulisan ini akan saya sajikan beberapa contoh usaha ternak untuk Anda. Sebelum memulai tulisan ini, saya sudah mencari beberapa referensi seputar usaha ternak. Ternyata banyaak amat jenis-jenis usaha ternak itu sendiri. 

usaha ternak

Untuk Anda ketahui, saya berasal dari daerah perkampungan dan melihat sebagian besar orang kampung pasti memiliki usaha ternak, dan sebagian besar beralasan awalnya bermula dari hobi. Tidak jauh-jauh, abang saya pernah mencoba usaha ternak ayam karena memang dia suka ayam, apakah untuk di adu atau dimakan, ntahlah.

Baiklah, saya rasa tidak perlu terlalu banyak basa-basi, berikut beberapa usaha ternak yang patut Anda coba:

1. Usaha Ternak Ayam
Usaha ternak ayam merupakan salah satu jenis usaha yang paling banyak dilakukan orang. Karena ayam bisa tumbuh dengan waktu yang tidak terlalu lama dan tentu bisa cepat panen. Ada dua keuntungan ternak ayam, yaitu bisa dijual sebagai ayam potong, dan juga telurnya juga bisa menambah pemasukkan Anda.

Sebenarnya ayam itu sendiri memiliki banyak jenis, akan sangat untuk saya bahas disini. Maka dari itu, nanti akan saya bahas secara lengkap mengenai usaha ternak ayam dan akan saya update disini.

2. Usaha Ternak Bebek
Ternak bebek tidak jauh berbeda dengan ternak ayam. Namun untuk tambahan, selain daging dan telur, bulu dan kotoran bebek juga bisa dimanfaatkan, yaitu sebagai hiasan dan juga pupuk tanaman.

3. Usaha Ternak Kambing
Kambing merupakan hewan ternak yang juga cukup menguntungkan untuk dijalani. Mengapa tidak, pada saat acara-acara besar maupun saat hari qurban, kambing merupakan salah satu pilihan yang paling sering digunakan.

Tidak hanya itu, ada banyak para pedagang sate yang menggunakan daging kambing, hal itu tentu merupakan sinyal yang bagus untuk Anda yang ingin memulai usaha ternak kambing.

4. Usaha Ternak Sapi
Ternak juga tidak jauh berbeda dengan ternak kambing. Perbedaan yang sangat mencolok yaitu pada ukuran. Tentu hal ini menjadikan harga sapi lebih mahal dari harga kambing. Selain usaha ternak daging sapi, Anda juga melakukan ternak sapi perah yaitu dengan memanfaat susu yang dihasilkan oleh sapi untuk dijual.

5. Usaha Ternak Kelinci
Bentuk yang imut dari kelinci menjadikan hewan ini menjadi salah satu hewan peliharaan favorit banyak orang. Untuk merawat juga tidak begitu sulit, cukup dengan memberikan daun kangkung dan beberapa vitamin.

Selain itu, daging kelinci juga memiliki cita rasa yang tinggi karena keempukkan dagingnya. Maka dari itu, hewa ini bisa menjadi salah satu pilihan usaha ternak Anda.

6. Usaha Ternak Kucing Peliharaan
Selain kelinci, kucing juga salah satu hewan peliharaan yang banyak digemari orang. Ada banyak jenis kucing-kucing peliharaan yang bisa Anda jadikan untuk ternak. Tentu dengan harga yang bervariasi. Karena keimuttannya, bahkan ada yang membuat rumah makan kucing dimana Anda bisa menikmati menu makanan ringan ditemani oleh kucing-kucing imut pada kota jakarta.

7. Usaha Ternak Ikan
Ikan merupakan salah satu bahan menu lauk hidangan saat makan. Hal ini tentu membuat ikan memiliki pasar yang sangat luas dan diminati oleh banyak orang. Namun untuk memulai usaha ternak ikan, Anda tentu memerlukan suatu kolam tempat budidaya ikan.

8. Usaha Ternak Burung
Usaha ternak burung bisa dibagi jadi 3 bagian, yaitu usaha ternak daging burung, usaha ternak telur burung, maupun usaha ternak burung hias. Ketiga-tiganya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jika mungkin, kenapa tidak memulai ketiga jenis tersebut bersamaan.

9. Usaha Ternak Kuda
Untuk hewan yang bisa ditunggang ini, bisa Anda jadikan usaha ternak untuk dijual kembali. Ada juga yang memanfaatkan susu dan daging kuda.

10. Usaha Ternak Rusa
Rusa merupakan hewan yang sering diburu di hutan. Ada banyak yang bisa dimanfaatkan dari ternak rusa, yaitu dagingnya, kulit, serta tanduk rusa.

Nah, itulah beberapa jenis usaha ternak yang bisa Anda coba. Untuk memulai usaha ternak itu sendiri, tentu Anda sudak melakukan riset pasar. Anda harus mengetahui keinginan pasar terlebih dahulu, setelah itu baru Anda bisa memulai usaha ternah sesuai dengan keinginan pasar. Perhitungkan juga modal-modal yang perlu Anda keluarkan.

Silahkan berbagi, Terima Kasih.

Beberapa Peluang Usaha Ternak yang Menguntungkan Beberapa Peluang Usaha Ternak yang Menguntungkan Reviewed by TIY on 12:12 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.