Bisnis Indonesia Yang Menguntungkan pada Tahun 2016

Karena banyaknya jumlah pencari mengenai tren peluang usaha yang menguntungkan pada tahun 2016, maka saya putuskan untuk membuat artikel ini agar bisa membantu Anda untuk menentukan ide usaha yang ingin Anda jalankan.

peluang usaha 2016

Sebelumnya Anda harus mengetahui bahwa semua bisnis usaha itu pasti bisa menguntungkan asal Anda benar-benar memahami konsep berbisnis yang baik dan benar. Namun meskipun begitu, ada pula beberapa jenis bisnis yang mengalami penurunan atau penaikkan jumlah pendapatan, biasa disebut dengan usaha musiman.

Misal usaha membuat kue, yang umumnya meningkat drastis pada saat menjelang hari raya idul fitri. Usaha door smeer yang biasa meningkat saat musim hujan, dan masih banyak lagi. Meskipun tidak sedang musim, bukan berarti Anda bisa mengalami kerugian. Semua tergantung dengan kemampuan Anda dalam berbisnis.

Tren Usaha Tahun 2016

Nah, setelah melakukan beberapa riset, pada tulisan ini saya simpulkan beberapa peluang usaha yang cukup menguntungkan dan diminati banyak orang pada tahun 2016. Berikut di antaranya:

1. Bisnis Toko Online
Fashion disini yaitu jualan aksesoris pada tubuh, seperti jualan hijab, sepatu, baju anak, baju, baju cewek, jacket, jam, dan banyak lagi. Bisa dikatakan inilah jenis bisnis usaha yang cukup menggiurkan pada tahun ini.

Tunggu dulu, kenapa bisnis ini dikatakan sangat menguntungkan tentu dengan adanya alasan, yaitu besarnya pasar pada sosial media. Inilah pasar utama untuk bisnis ini. Anda juga tidak diharuskan untuk memiliki sebuah toko. Cukup bermodalkan kamera, jaringan internet, dan akun sosial media. Tidak sedikit pebisnis yang sukses hanya berdagang online lewat facebook, instagram, maupun twitter.

2. Bisnis Online
Yang selanjutnya yaitu bisnis online. Bicara masalah bisnis online memang sering memunculkan perdebatan. Banyak yang tidak percaya bahwa bisnis online itu benar-banar dibayar. Ada juga yang berasumsi bahwa bisnis online tidak jelas.

Untuk Anda ketahui, sesungguhnya gaji yang bisa Anda peroleh melalui bisnis online bisa melebihi gaji-gaji pejabat tertinggi di Indonesia bahkan presiden sekali pun. Anda hanya perlu sedikit menggali informasi lebih dalam mengenai dunia bisnis online untuk mengetahui segala seluk beluk yang ada pada bisnis online.

Memang terdengar menggiurkan, tetapi tentu akan banyak kesulitan yang Anda dapatkan untuk menjalani bisnis ini. Ditambah lagi jika Anda melakukannya dengan terpaksa. Ada 2 hal yang biasa membuat pebisnis online menjadi sukses, pertama karena hobi, yang kedua karena "bermodal".

Saya sendiri sudah mencoba bisnis online sejak tahun 2011, dan sampai sekarang masih sedikit kesusahan untuk bisa mempertahankannya karena saya sedikit terpaksa atas landasan kekurangan uang jajan. Untuk jelasnya, bisa Anda simak pengalaman saya dalam menjalani usaha sampingan termasuk bisnis online.

3. Youtuber

Apakah Anda mengenal pewdiepie? Bayu skak? atau mungkin Raditya Dika?

Mereka adalah beberapa Youtuber yang sudah cukup sukses saat ini. Youtuber yaitu Anda membuat sebuah channel di YouTube, lalu diisi dengan video unik hasil ciptaan Anda sendiri. Seperti salah satu video bayu skak berikut yang sudah ditonton lebih dari 1 juta orang.


Bisnis ini sangat baik jika Anda bisa menyalurkan bakat Anda. Apakah Anda jago ngelawak, jago bermain drum, jago bermain game, dan masih banyak lagi. Selama video Anda tidak melanggar hak cipta dan memenuhi persyaratan google, maka semua video Anda bisa diiklankan (monetisasi) untuk mendapatkan penghasilan.

Tidak hanyak itu, Anda juga bisa memperoleh penghasilan dari hasil endorse produk, baik berupa parfum, baju, jam, dan sebagainya. Semakin terkenal Anda di Youtube, semakin banyak pengiklan yang mau mengiklankan produknya di video Anda.

4. Membuat Aplikasi
Berkembangkan kemajuan teknologi menjadikan para pembuat aplikasi kebanjiran rejeki. Hampir semua orang kini sudah menggunakan Smartphone. Jika Anda memang memiliki pengalaman dalam dunia teknologi, tidak salahnya untuk mencoba belajar membuat aplikasi.

Namun jika Anda tergolong masih pemula dan berminat untuk mengikuti bisnis ini, ada banyak tutorial yang menyajikan bagaimana cara membuat aplikasi. Salah satu yang pernah saya coba yaitu MIT Inventor.

5. Usaha Kuliner
Memang usaha ini sudah teramat banyak Anda temui dipasaran. Namun hal itu tentu membuktikan bahwa usaha kuliner juga termasuk usaha yang sangat menguntungkan. Usaha yang tidak termakan oleh zaman ini pastinya akan terus ada karena semua orang tentu mau makan, terlebih lagi di Indonesia yang memiliki berbagai macam masakan kuliner dengan bumbu rempah asli produk lokal.

Ada banyak usaha kuliner yang bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha. Semuanya saya tulis lebih lengkap pada tulisan peluang usaha kuliner. Silahkan dibaca-baca sebagai tambahan ide bisnis Anda.


Itulah beberapa peluang usaha yang saya rasa cukup menguntungkan pada tahun 2016. Jika Anda mempunyai tambahan saran, silahkan tambahkan di kolom komentar atau bisa menghubungi kami via email.

Jangan lupa pula untuk berlangganan melalui email untuk mendapat informasi terbaru seputar bisnis usaha yang akan saya kirimkan melalui email secara gratis.

Silahkan berbagi, Terima Kasih.

Bisnis Indonesia Yang Menguntungkan pada Tahun 2016 Bisnis Indonesia Yang Menguntungkan pada Tahun 2016 Reviewed by TIY on 2:42 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.