Cara Memulai Usaha Katering Rumahan

Salah satu peluang usaha rumahan yang sangat menguntungkan yaitu usaha katering. Bisnis sangat cocok bagi Anda yang memiliki banyak waktu di rumah seperti ibu rumah tangga dan tentunya memiliki kemampuan memasak yang baik. Usaha katering saat ini sangat ngetren dan diminati banyak orang.

Usaha Katering

Bisnis katering ini sangat cocok dijalankan di daerah perkotaan karena banyak acara-acara yang membutuhkan banyak makanan yang disajikan untuk para tamu seperti acara sunatan, pernikahan, arisan, ulang tahun, bahkan acara resmi kenegaraan.

Jenis Usaha Katering

Pada umumnya, ada 4 jenis usaha katering yang bisa Anda coba. Tetapi tidak menutup kemungkinan Anda mampu menjalankan usaha katering dari keempat jenis tersebut. Berikut adalah 4 jenis usaha katering, yaitu:

1. Katering Rumahan
Untuk usaha katering rumahan contohnya yaitu rantangan untuk rumah tangga maupun anak kos dan acara arisan ibu rumah tangga. Katering rumahan biasanya hanya melayani pesanan hingga 100 orang.
2. Katering makanan anak
Usaha katering jenis ini biasanya untuk anak sekolahan yang berupa rantangan untuk makan pagi dan siang. Selain itu ada pula katering makanan anak yang berupa makanan sehat dan bergizi untuk bayi.
3. Katering Kantoran
Katering kantoran yaitu jasa pesan antar makanan untuk para karyawan kantor. Bisa juga untuk acara-acara yang diadakan oleh kantor yang umumnya berupa nasi kotak.
4. Katering untuk Acara Khusus
Untuk katering acara khusus begini biasanya menggunakan prasmanan, tetapi terkadang juga membutuhkan nasi kotak.

Persiapan Modal Awal Usaha Katering

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini tergantung dari target pasar yang ingin Anda capai, serta ketersediaan alat dan tempat. Biasanya modal awal yang sering dikeluarkan hanya sekitaran Rp. 500.000 hingga 2 jutaan. Ada beberapa hal yang harus Anda siapkan ketika ingin memulai usaha katering rumahan
  • Peralatan memasak. Jika Anda hanya menjalankan usaha katering dengan skala rendah yaitu sekitar 100-150 porsi, alat dapur yang biasa digunakan juga sudah cukup memadai dan bisa memenuhi semua orderan. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang begitu besar. Tapi jika Anda ingin dengan skala besar, sebaiknya Anda perlu menyiapakan beberapa alat dapur khusus 
  • Ruangan dapur. Untuk katering jenis nomor 1 sampai 3, saya kira Anda tidak perlu sampai menyiapkan ruangan dapur khusus. Cukup dengan menggunkan dapur pribadi. Anda hanya perlu menata rapi dapur agar memudahkan Anda ketika memasak.
  • Rak untuk bumbu dapur. Sediakan rak khusus untuk perlengkapan bumbu dapur yang diberi tulisan sesuai dengan nama bumbu agar tidak bercampu-campur.
  • Keuangan. Aturlah keuangan awal Anda seperti untuk membeli bahan-bahan untuk memasak. Karena terkadang Anda tidak dibayar penuh diawal pemesanan.


Tips Sukses Usaha Katering

1. Kualitas Makanan
Hal yang sangat penting untuk Anda persiapkan dalam memulai usaha katering yaitu inovasi dan kualitas masakan Anda. Itulah inti dari bisnis ini yang bisa dijadikan pondasi dasar. Karena disini kita mencari repeat order atau pelanggan tetap. Alasan mereka mau pesan kembali pasti karena kualitas masakan Anda yang lezat.

2. Berikan Harga yang Terbaik
Selain itu, konsumen juga memperhatikan harga. Cobalah lakukan survei di beberapa tempat sekitaran Anda yang juga membuka usaha katering, coba bandingkan harga yang mereka tawarkan dengan yang Anda tawarkan. Jika perbandingannya terlalu jauh, coba lihat lagi mengapa bisa terlalu jauh. Lalu ambil kesimpulan dan tentukan harga terbaik untuk usaha katering Anda.

3. Tepat Waktu
Untuk Anda yang menerima jasa pesan antar, sediakan kendaraan khusus untuk mengirim pesanan katering Anda. Konsumen pasti bakal kecewa ketika Anda molor atau telat dalam melakukan pengiriman. Misal untuk makan siang, katering sampai pada jam 3 sore.

Begitulah cara memulai usaha katering yang bisa Anda coba. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman dan saudara Anda, karena bisa jadi mereka membutuhkan informasi ini. Silahkan masukkan e-mail Anda pada sisi kanan blog untuk mendapatkan tips bisnis usaha lainnya.

Semoga bermanfaat, Terima Kasih.
Cara Memulai Usaha Katering Rumahan Cara Memulai Usaha Katering Rumahan Reviewed by TIY on 1:39 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.