10+ Peluang Bisnis Usaha Rumahan Modal Kecil dan Menguntungkan

[full_width]
Sempitnya lapangan pekerjaan di Indonesia mengakibatkan banyak orang terjun menjadi seorang wirausaha. Tetapi ada juga orang yang lebih gemar menjalani bisnis rumahan daripada kantoran. Hal ini dikarenakan usaha rumahan lebih fleksibel, gampang, tidak mengeluarkan banyak modal, dan bisa mendapat penghasilan lebih dari cukup tergantung bagaimana Anda menyiapkan strategi usaha Anda.

Peluang Usaha Rumahan

Kendala yang sering terjadi pada saat memulai bisnis yaitu MODAL. Usaha rumahan umumnya tergolong pada skala usaha kecil menengah (UKM). Jadi, tanpa perlu mengeluarkan modal besar Anda sudah bisa menjalani bisnis ini.

Namun jika Anda tergolong orang yang benar-benar kesulitan dalam hal ekonomi dan sulit untuk mendapatkan modal, Anda bisa mencoba meminta bantuan hibah untuk usaha kecil menengah pada instansi terdekat. Cara lain yaitu dengan mencari investor, sebaiknya dari kalangan keluarga atau teman dekat. Tentu Anda harus mempersiapkan proposal usaha Anda agar investor tahu berapa waktu yang Anda butuhkan hingga balik modal.

Baiklah, langsung saja pada inti topik tulisan ini. Saya akan memberikan beberapa ide peluang usaha rumahan untuk Anda.

#1. Jualan Pulsa
Pada era mobile phone saat ini, pulsa sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Dengan hanya bermodalkan beberapa ratus ribu rupiah, Anda sudah bisa menjalani bisnis ini. Selain modal kecil, usaha ini sangat fleksibel dan bisa dilakukan dimana saja.

Untuk tingkat kesuksesan pada usaha ini tergantung dari bagaimana Anda menjalani bisnis ini. Apakah hanya sebagai selingan, menambah uang jajan, atau mungkin jadi pemasukan utama.

#2. Jual Aneka Makanan
Salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia yaitu "ngemil", atau makan makanan kecil seperti keripik, kacang tojin, dan masih banyak lagi. Bahkan saya sendiri sedang ngemil saat menulis artikel ini. Kebiasaan ini bisa Anda manfaatkan sebagai ladang usaha.

Salah satu pebisnis yang mampu memanfaatkan peluang ini yaitu aremafood. Berdasarkan gosip yang beredar, penjual aneka keripik ini memulai usaha mereka hanya dengan bermodalkan Rp. 500.000 saja dan kini mereka bisa meraih keuntungan hingga jutaan rupiah per bulannya.

#3. Laundry/Jasa Cuci Pakaian
Usaha laundry kiloan bisa dikatakan cukup ngetren dikalangan para perantau termasuk saya. Saya sendiri bisa menghabiskan 50-100 ribu rupiah perbulannya untuk menggunakan jasa laundry. Dan jika Anda tinggal di kota besar, usaha ini bisa sangat menjanjikan karena pada umumnya orang-orang akan merantau ke kota-kota besar.

#4. Barber Shop/Pangkas
Usaha barber shop atau pangkas rambut merupakan salah satu peluang usaha yang tak termakan oleh zaman.Usaha jenis ini akan tetap ada dan terus berkembang mengikuti gaya-gaya masa kini. Setiap orang pasti akan memotong rambut mereka, apakah dua bulan sekali, sebulan sekali, bahkan ada juga yang seminggu sekali.

Anda harus benar-benar memiliki kemampuan memotong rambut dengan berbagai model dan sesuai selera para pelanggan. Karena ketika Anda diketahui memiliki kemampuan memotong rambut dengan kualitas bagus, maka orang-orang akan merekomendasikan tempat Anda.

Saya sendiri harus memilih 2-3 tempat pangkas hingga saya menemukan tempat pangkas yang benar-benar sesuai dengan selera saya.

#5. Katering
Bisnis usaha katering saat ini sudah sangat populer. Usaha pesan antar makanan ini biasanya dibutuhkan ketika ada acara seperti ulang tahun, pernikahan, reuni, dan sebagainya. Katering akan menjadi salah satu pilihan banyak orang, karena akan memudahkan mereka dalam menyiapkan makanan kepada para tamu undangan.

Gibran Rakabuming yang merupakan putra sulung presiden Jokowi merupakan salah seorang pengusaha katering yang cukup sukses di daerah Solo. Awalnya dia hanya memulai usaha ini dengan skala kecil-kecilan. Tapi saat ini, usaha katering milik raka sudah meluas hingga Jawa Timur.

#6. Jasa Buat Kue
Kurangnya pengetahuan orang dalam cara membuat kue menjadikan bisnis juga cukup menjanjikan. Dengan bermodalkan beberapa alat dapur, Anda sudah bisa mulai merintis usaha membuat kue. Jasa membuat kue sangat diminati orang seperti dalam acara ulang tahun, saat menjelang idul fitri maupun hari-hari besar lainnya.

#7. Jasa Penitipan Anak
Saat sekarang ini, banyak di kalangan orang tua yang memiliki kesibukan dan tidak memiliki waktu cukup untuk menjaga anak mereka. Oleh karena itu, mereka akan mencari tempat penitipan anak sebagai solusi.

Untuk memulai usaha tempat penitipan anak memang bisa dikatakan membutuhkan modal cukup banyak. Karena Anda harus memiliki ruang khusus atau bila mungkin gedung khusus untuk tempat anak-anak bermain. Dan jika penampung anak sudah banyak, Anda juga perlu mempekerjakan beberapa babysitter.

#8. Publisher
Mungkin bagi beberapa orang tidak begitu paham mengenai istilah ini. Publisher disini yaitu menjadi penulis blog seperti yang sedang saya lakukan sekarang. Anda mengunjungi blog bisnis usaha ini dan saya lah publisher dari blog ini.

Untuk menjadi publisher bisa dikatakan cukup rumit jika Anda benar-benar awam mengenai dunia blogging. Namun, jika Anda serius, usaha ini dapat menghasilkan uang tanpa batas. Semua tergantung dari bagaimana Anda mampu membuat tulisan-tulisan yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjung Anda.

#9. Toko Online
Di era yang serba canggih ini, semua orang ingin hal yang lebih simpel, termasuk belanja. Kesulitan yang sering dialami saat belanja di pasar kini dapat diatasi dengan adanya toko online atau istilah gaulnya olshop.

Sudah banyak toko online yang sukses di Indonesia seperti lazada, olx, bukalapak, bahkan tiket pesawat pun bisa dipesan online seperti di traveloka. Besarnya tingkat persaingan toko online bukan berarti Anda tidak memiliki kesempatan untuk sukses di bidang ini.

Untuk memulai bisnis online shop ini tingkat kesulitannya tergantung darimana Anda memulainya. Jika Anda memang sedang berjualan produk-produk tertentu seperti baju anak, hijab, maka Anda tidak perlu repot lagi memikirkan stok barang. Anda hanya perlu mempelajari cara memulai toko online dan melakukan promosi dengan baik dan benar.

#10. Affiliasi
Bisnis usaha affiliasi masih berkaitang dengan toko online. Namun pada kasus ini, Anda tidak memiliki produk sendiri untuk dijual. Maka dari itu, Anda perlu mencari produk-produk yang ingin Anda jual dari toko online yang menyediakan fitur affiliasi seperti lazada. Keuntungan didapat dengan sistem bagi hasil dari setiap produk yang berhasil Anda jual.

#11. Penulis Artikel
Jika Anda memiliki hobi menulis, maka usaha penulis artikel merupakan pilihan tepat bagi Anda. Penulis artikel disini yaitu Anda bertugas menulis suatu artikel (seperti yang sedang Anda baca ini) sesuai dengan permintaan pelanggan.

Saya sendiri memiliki lebih dari dua blog dan sedikit kesulitan untuk mengisi blog tersebut. Untuk itu, saya juga menggunakan jasa penulis artikel untuk mengisi beberapa blog saya. Karena berkaitan dengan blog, Anda harus bergabung di grup-grup mengenai blogging seperti ads.id, kaskus, grup facebook untuk melakukan promosi.

#12. Web Designer
Tidak banyak orang yang memiliki kemampuan mendesain suatu web. Jika Anda tergolong orang yang memiliki kemampuan tersebut, maka jangan sia-siakan kesempatan peluang usaha yang bersar dari usaha ini.

Saya mendapat bocoran dari teman saya yang bekerja sebagai web designer, bayaran setiap orderannya cukup menggiurkan, bisa sampai puluhan juta rupiah tergantung tingkat kesulitannya. Pasarnya juga cukup luas, tidak hanya Indonesia, Anda bahkan bisa menjaring pelanggan dari luar negeri.


Itulah beberapa peluang usaha rumahan yang cukup menjanjikan saat ini. Semua bisnis pasti bisa mendapat kesuksesan tergantung dari bagaimana Anda menjalankannya. Ketika Anda gagal, cobalah lagi, gagal lagi, coba lagi, karena ketika Anda berhenti, berarti habislah sudah.

Jangan sampai ketinggalan update terbaru dari blog bisnis usaha dengan berlangganan melalui email. Bagikan juga artikel ini agar bisa dibaca dan diketahui teman dan keluarga Anda yang ingin memulai bisnis rumahan. Terima Kasih.
10+ Peluang Bisnis Usaha Rumahan Modal Kecil dan Menguntungkan 10+ Peluang Bisnis Usaha Rumahan Modal Kecil dan Menguntungkan Reviewed by TIY on 6:14 PM Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.